Friday, May 8, 2015

Mobil Nissan X-Trail 2004

Nissan X-Trail 2004

Nissan X-Trail 2004 masih memiliki bentuk yang sama dengan pendahulunya hanya sedikit facelift yang dilakukan Nissan yaitu dengan menambahkan sein dispion dan dua varian yaitu St dan Xt. Mesin dan suspensi tidak berubah dengan alasan kenikmatan berkendara bisa sama dengan pendahulunya

Nissan X-Trail mulai bangkit ketika pada tahun 2003 memasarkan versi CKD dengan mesin berkapasitas 2.500 cc dan tampilan offroad look pada top model Xt. Penggunaan mesin yang lebih besar 500 cc dibandingkan versi CBU ini menghasilkan tenaga sebasar 177,5 tk pada putaran mesin 6000 rpm. Selain itu mesin berseri QR25DE dilengkapi compact balancer shaft yang mampu mengurangi getaran mesin dan pada tahun 2004 transmisi CVT pertama kali diperkenalkan.

CVT (Continuos Variabel transmission) adalah sistem transmisi yang tidak memiliki gigi perseneling seperti pada mobil bertransmisi manual ataupun mobil bertransmisi matik konvensional. Posisi gigi 1,2,3,4 tetap pada gigi satu jadi tidak perlu mengoper tuas persneling, untuk penggantinya digunakan dua puli yaitu puli penggerak dan puli yang digerakan,kedua puli tersebut dihubungkan dengan belt (sabuk dari serat baja). Puli penggerak tersebut bisa menyesuaikan dengan kecepatan yang dibutuhkan mobil, jadi bisa cepat dan bisa juga lambat secara otomatis. Jika RPM mesin naik maka kecepatan akan disesuaikan dengan otomatis.

Cara kerja transmisi CVT cukup  halus, selain tidak ada hentakan akibat proses pemindahan gigi juga karena pergerakan transmisinya menggunakan sabuk. Mobil bertransmisi CVT ini akselerasinya tidak sebaik mobil bertransmisi matik konvensional dan manual. Selain mobil Nissan X-Trail contoh mobil yang menggunakan transmisi CVT ini adalah Nissan juke, Honda City, Honda oddysey, Honda Fit, Toyota Prius dan Mitsubishi Outlander Sport juga beberapa jenis mobil lainnya.

Dengan kelengkapan tersebut ditambah penggunaan transmisi CVT maka hasilnya konsumsi bahan bakar yang efisien tetapi performa tetap tinggi pada setiap putaran mesin menjadikan angka penjualan Nissan meningkat dan pada tahun 2004 tersebut Nissan X-Trail menjadi SUV terlaris dengan angka terjual 7.131 unit. Pada tahun tersebut  Nissan X-trail meraih penghargaan sebagai The Best SUV 4x2 Indonesian Car of The Year versi majalah mobilmotor.

Dibawah ini contoh mobil Nissan X-Trail tahun 2004


No comments:

Post a Comment