Friday, May 15, 2015

Mobil Nissan X-Trail 2014

Nissan X-Trail 2014

Mobil Nissan X-Trail 2014 merupakan generasi ketiga yang diluncurkan sejak tahun 2001. Tampilan mobil X-Trail 2014 ini benar-benar berbeda dengan yang sebelumnya. Pada body mobil terdapat lekukan garis berkarakter yang menghiasi tampilan mobil, posisi grill depan yang menyatu dengan LED headlight membentuk sudut lengkung, sistem lampu utama mobil dengan desain day time running light dengan LED baik pada sorot lampu dekat maupun jauh sehingga cahaya yang dihasilkan terang dengan energi yang dikeluarkan rendah, bentuk bumper yang memiliki sedikit lekukan tajam dibagian bawah foglamp, molding plastik dari bumper depan, samping hingga bagian belakang mobil. Lekukan-lekukan body tampak menggelembung diatas ban. Pada bagian belakang mobil lampu belakang besar dan menjorok horizontal serta terdapat sebuah spoiler belakang dan chrome pada list plat nomer.

Pada mobil Nissan X-Trail terbaru ini ada monitor 360 derajat yang memungkinkan pengguna memonitor segala sesuatu yang ada disekitar mobil dan sangat berguna ketika parkir ditempat dengan space terbatas karena all Nissan X-Trail ini dilengkapi dengan empat kamera yang diletakkan pada bagian depan, samping dan belakang mobil. Kapasitas mobil ini untuk 7 penumpang, memiliki fitur power tailgate (pintu belakang yang terbuka secara otomatis lewat motor listrik) yang dilengkapi dengan sistem touchless backdoor, dimana kita hanya perlu melambaikan tangan ke bagian bawah garnish plat nomer dan pintu bagasi pun akan terbuka sendiri secara otomatis apabila mendeteksi ada gerakan tangan dan kunci di sekitar mobil. Tuas transmisi automatic bisa diubah ke mode manual secara virtual. Ban serep mobil diletakan dibawah kursi baris ketiga yang dapat dibuka dari dalam interior.

All new X-Trail dilengkapi empat buah cakram disemua roda, teknologi ABS, EBD dan BA, Hill Start Assist, Vehicle Dinamic Control, Active Trace Control, Active Ride Control. Dibagian logo Nissan  yang terletak pada grilnya dibawah tulisan Nissan terdapat kamera kecil dan dibagian bawah spion kanan dan kiri serta kamera mundur merupakan empat kamera all round view monitor (360 derajat). Ada empat sensor parkir dibagian belakang yang akan memberikan indikator gambar dan suara di semua line up.

Berikut ini salahsatu contoh tampilan mobil Nissan X-Trail 2014



Interior mobil Nissan X-Trail 2014 ini didesain mirip dengan mobil sedan dan dibuat mewah. Bagian atas dashboard menggunakan bahan soft touch, seperti halnya juga pada bagian door trim bagian atas. Pada bagian tengah hingga kebawah terbuat dari material plastik keras dan kombinasi ornamen dashboard silver lining pada pinggir bagian AC, setir dan transmisi. Power electric seat 6-way untuk pengemudi dan power electric seat 4-way untuk penumpang kanannya, reclining seat. Ada dua buah cup holder yang terletak di bagian konsol tengah dengan sebuah tuas ditengahnya untuk membuka ventilasi pendingin udara sehingga membuat minuman tetap dingin selama perjalanan. Pada bagian tengah dashboard terdapat layar LCD 5 inch touchscreen dengan resolusi qVGA dan sudah dilengkapi dengan bluetooth all round view monitor. Pada bagian setir dan tuas transmisi terbuat dari bahan kulit. Pada tipe 2.5 CVT menggunakan material plastik piano black dan motif karbon.

Pada bagian dashboard ada beberapa tombol di sebelah kanan setir yang berfungsi untuk mengatur cahaya spedometer, mengatur trip, mematikan power back door, membuka dan menutup pintu belakang secara otomatis, mematikan stability control dan mengaktifkan eco mode, rain sensing wiper dan i-key + start stop engine button.

Tipe pada Nissan X-Trail 2014 yaitu 2.0 M/T, 2.0 CVT dan 2.5 CVT. Tipe 2.0 M/T beberapa spesifikasi yang terdapat dalam mobil ini diantaranya transmisi manual dengan 6 percepatan dimana transmisi manual ini memiliki keunggulan pada transfer tenaga mesin ke roda yang minim selip hal ini dikarenakan kopling kering. Pada tipe ini hanya ada kamera mundur dan sensor parkir, halogen headlamp, headlamp auto on/off, LED daytime running light, headlamp manual levellizer, LED turn signal lamp on outside rear view mirrors, LED high mount stoplamp, follow me home dan welcome light, velg ukuran 17 ", roof rail, foglamp with chrome ring, tombol AC dengan tombol-tombol fisik dengan fitur auto. Terdapat tombol electronic parking brake yang berfungsi menggantikan tuas rem tangan.

Pada tipe 2.0 CVT beberapa fitur yang ada diantaranya adalah headlamp auto levillizer, LED headlamp, projector headlamp, eco mode, arround view monitor, transmisi CVT dan velg ukuran 17".

Sedangkan pada tipe 2.5 CVT fitur yang ada diantaranya adalah adanya fitur auto levelling headlight, follow me home dan welcome light, kamera 360 derajat, LED headlamp, projector headlamp, dan eco mode, velg ukuran 18 " model baling-baling, ada fitur pemanas kaca spion, tombol pengaturan AC digital dengan layar panjang dibawah head unit dengan dual zone.side body moulding, tuas electronic parking brake digantikan oleh rem tangan model injak. ada fitur cruise control yang bisa dikontrol melalui tombol di sebelah kanan kemudi.

Cruise control adalah sebuah teknologi yang memberikan kebebasan kepada pengemudi untuk mengendarai mobil dengan kecepatan stabil tanpa kaki harus terus menekan pedal gas. Cruise control merupakan teknologi canggih untuk mengoperasikan pengereman dan mengontrol percepatan secara otomatis. Jadi ketika pengemudi menginginkan mobilnya bergerak pada kecepatan konstan maka harus mengendarai mobil pada kecepatan yang diinginkan lalu mengaktifkan fungsi cruise control. Pada umumnya cruise control tidak bisa diaktifkan pada kecepatan dibawah 40 km/jam, sehingga cruise control ini tidak boleh digunakan pada jalanan dengan banyak tikungan, tanjakan dan turunan apalagi dijalan perkotaan yang padat kendaraan bahkan macet. Sistem ini menggunakan laser atau radar yang dapat mendeteksi jarak dengan kendaraaan didepan dan mempersiapkan pengereman ketika jarak terlalu dekat atau menembah kecepatan ketika jarak aman.

Pada umumnya transmisi CVT memiliki pengendaraan yang membuat mobil meluncur seperti berada pada posisi tuas transmisi netral akan tetapi pada mobil Nissan X-Trail 2014 ini ada teknologi aktive engine brake yang secara otomatis memberikan engine brake saat kondisi jalan menurun agar lebih aman. selain itu terdapat fitur active ride control dan active trace control. Active ride control berfungsi ketika mobil melewati jalan bergelombang atau ada polisi tidur mobil akan bergerak lebih lembut dengan mengontrol torsi mesin dan pengereman untuk mengurangi guncangan ketika melalui kontur permukaan yang kurang bagus. Sedangkan active trace control berfungsi untuk mengatur pengereman secara individual pada masing-masing roda untuk memberikan pengendalian yang presisi pada saat berbelok di tikungan saat kecepatan tinggi.

Dibawah ini contoh tampilan interior mobil Nissan X-Trail 2014 tipe 2.5 CVT





Kesimpulan menurut pendapat saya mobil Nissan X-Trail 2014 memiliki tampilan yang berbeda banget dengan generasi sebelumnya, tampilan mobil tidak segarang pendahulunya, New Nissan X-Trail 2014 ini tampil lebih modern dan dinamis dengan lekukan-lekukan pada body yang menggelumbung diatas ban. Tampilan luar dan dalam mobil lebih mewah dan stylish, dilengkapi dengan fitur-fitur canggihnya, dan yang jelas suspensi masih empuk apalagi ada tambahan fitur active ride control. Akan tetapi menurut saya bagian interior seperti ruang kabin jadi tampak tidak selega yang dulu karena dibuat mirip sedan dan dengan kapasitas 7 penumpang terutama baris kursi ketiga tampak sempit sehingga bagasi pun jadi sempit (apabila baris ketiga tidak dilipat).


No comments:

Post a Comment