Tuesday, June 9, 2015

Mobil Suzuki Karimun 2015

Suzuki Karimun 2015

Mobil Suzuki karimun termasuk kedalam segmen mobil Low Cost Green Car (LCGC) dengan harga cukup murah dan ramah lingkungan. Varian terbaru mobil Suzuki Karimun Wagon R yaitu Suzuki Karimun Wagon R dengan inovasi terbaru yaitu Karimun Wagon R AGS (Auto Gear Shift) bisa matic dan manual dalam satu mobil. AGS sendiri merupakan sistem yang menggabungkan dua tipe transmisi baik manual maupun matic yang dibenamkan didalam mesin mobil. Mobil Suzuki Karimun merupakan satu-satunya mobil yang memiliki teknologi tersebut dikelas LCGC dengan harga yang terjangkau karena teknologi AGS ini biasanya digunakan pada mobil-mobil kelas premium.

Teknologi AGS ini dilengkapi dengan aktuator hidrolik elektronik yang mengoperasikan perpindahan gigi secara otomatis dengan transmisi manual 5 percepatan terbaru. AGS bekerja dengan mengintegrasikan aktuator hidrolik presisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Trasmission Control modul (TCM) untuk mengontrol kopling, persneling gigi dan mesin. Penggunaan transmisi jenis ini mampu memberikan perpindahan gigi dalam waktu yang optimal dengan memberikan kenyamanan berkendara layaknya transmisi otomatis dan lebih hemat bahan bakar seperti penggunaan transmisi manual.

Dengan adanya transmisi AGS pengendara bisa memilih penggunaan transmisi matic maupun manual yang disesuaikan dengan kondisi jalan, sehingga memberikan keuntungan ganda tersendiri bagi konsumen, seperti dalam menghadapi kemacetan lalu lintas yang sering terjadi kini bukanlah menjadi hambatan lagi karena dengan mengaplikasikan sistem transmisi tersebut berkendara jadi lebih mudah dan praktis serta lebih nyaman.

Suzuki Karimun Wagon R AGS memiliki beberapa tipe yaitu tipe GL, GX, Dilago dan GS. Tipe GL dan GX memiliki pilihan warna mobil splash green, lagoon turquoise, silky silver, graphite grey, cool black, radiant red, burgundy red dan pearl white (hanya pada GX). Sedangkan pada tipe Dilago ada dua pilihan warna yaitu pearl white dan silky silver. Tipe GS ada enam warna pilihan yaitu pearl white, silky silver, graphite grey, cool black, radiant red dan burgundy red.

Mobil Suzuki karimun Wagon R memiliki dimensi ukuran 3600 x 1475 x 1700 mm, radius putar 4,6 m, ground clearance 170 mm, ukuran ban 145/80 R13, mesin yang digunakan K10B 1.0 L 3 silinder 12 valve, isi silinder 998 cc, kapasitas tangki bahan bakar 35 liter, sistem bahan bakar injection, tenaga maksimal yang dihasilkan 80 PS/6200 rpm dengan torsi maksimal 90 Nm/3500 rpm.

Pada tampilan mobil Suzuki wagon R desain mobil cukup kotak dengan bagian front grill, fog lamp dan light blue eyes yang akan memberikan pencahayaan lebih optimal ditambah dengan adanya roof rail dashing yang ada diatas mobil memberikan kekhasan mobil suzuki Karimun sehingga membuat tampilan mobil cukup stylish.

Dibawah Ini Tampilan Mobil Suzuki Karimun Wagon R 2015



Interior



Kapasitas penumpang 5 orang, bagasi cukup luas apalagi kursi belakang bisa dilipat. Pada tipe GX ada multi compartment dan under seat tray. Desain dashboard cukup simple dan modern, desain cluster meter sporty dan ditempatkan pada tempat yang gampang dilihat pengemudi. Terdapat fitur gear shift indicator yang memudahkan untuk memindahkan persneling gigi dengan cara pas. Pada tipe GA hanya dilengkapi immobilizer serta pendingin ruangan. Sedangkan pada tipe GX dilengkapi fitur 2DIN audio, 4 speakers, security alarm, roof rails, alloy wheel, dan seat under tray.

Tampilan mobil Suzuki Karimun Wagon R AGS lebih stylish dibandingkan dengan varian lainnya yaitu dengan headlamp kotak di kedua ujung mobil dan disatukan dengan aksen krom serta logo Suzuki ditengahnya, Front grill berukuran besar-besar dan fog lamp berbentuk bulat dengan aksen krom yang mengelilingi lampu terletak disudut bawah. Bentuk body semi kubus dengan lengkungan lembut, desain lampu utama belakang diletakan pada posisi berdiri.

Pada bagian interior mobil Suzuki Karimun R AGS memiliki ruang kabin yang cukup luas, jok kursi menggunakan high quality leather. Pada dashboard dipenuhi oleh panel speedometer, posisi gigi untuk transmisi manual dan indikator penunjuk bahan bakar. Fitur lainnya yaitu perangkat audio dan panel pengatur suhu AC serta bagasi yang cukup luas.

Suzuki Karimun Wagon R Dilago merupakan varian paling mewah dan lebih sporty diantara varian Wagon R lainnya. Dilago sendiri berasal dari Maluku yang berarti menjadi yang terbaik. Tampilan Karimun Wagon R Dilago dengan beberapa perubahan pada sisi eksterior yaitu dengan adanya penambahan aksesoris pada body depan, samping dan belakang. Pada bagian depan mobil terdapat penambahan chrome front grille upper dan chrome front grille lower, front under spoiler, dan fog lamp bentuk bulat. Pada bagian samping mobil penambahan chrome door handle, side body molding, dan side skirt. Sedangkan pada bagian belakang mobil dengan adanya penambahan aksesoris yaitu rear upper spoiler with high mount stop lamp, rear under spoiler, muffler extension, dan ecodome Dilago, emblem Dilago diletakan pada sebelah kiri pintu belakang pintu. Adapun mesin yang digunakan K10B DOHC 12 katup dan 3 silinder, 998 cc, menghasilkan daya maksimal 68 HP pada 6200 rpm, dengan torsi maksimal yang dapat dihasilkan sebanyak 90 Nm pada 3500 rpm. Menurut pihak Suzuki mesin yang digunakan bertenaga dan irit bahan bakar apalagi ditunjang dengan performanya yang semakin maksimal dengan adanya penggerak roda depan (front wheel drive) sehingga membuat kendaraan tetap lincah disaat kondisi macet sekalipun. Ukuran ban 175/65 R14, fitur parking sensor dan alarm, dan immobilizer. Suzuki Karimun Wagon R Dilago ada dua pilihan warna yakni pearl white dan silky silver.

Dibawah Ini Tampilan Mobil Suzuki Karimun Wagon R Dilago 2015





Interior



Kesimpulannya menurut pendapat saya, mobil Suzuki Karimun Wagon R 2015 memiliki tampilan yang lebih elegan dibandingkan generasi Wagon R sebelumnya. Mobil Suzuki Karimun Wagon R bisa menjadi salahsatu pilihan mobil keluarga yang menyukai bentuknya yang semi kubus/boxy dengan kapasitas 5 penumpang dan bisa masuk semua kalangan. Selain itu mobil Karimun Wagon R termasuk kedalam jenis kendaraan LCGC sehingga harga mobil pun cukup terjangkau tapi ramah lingkungan. Bensin irit tetapi performa cukup handal serta dengan adanya transmisi AGS berkendara jadi lebih nyaman dan praktis, kaki tidak capek terutama dalam menghadapi kemacetan lalu lintas karena kita bisa memilih transmisi yang digunakan manual maupun otomatis. Kalau ingin tampil lebih gaya dan memiliki Suzuki Karimun dengan varian yang lebih mewah sebaiknya memilih Suzuki Karimun Wagon R Dilago.

No comments:

Post a Comment