Wednesday, June 10, 2015

Mobil Mazda CX5 2015

Mazda New CX5 2015

Mobil CX5 termasuk kedalam kategori mobil crossover atau small SUV kelas premium. Ukuran dimensi mobil 4540 x 1840 x 1710 mm, ground clearace 215 mm, radius putar 5,6 mm, kapasitas tangki 56 liter. Mesin yang digunakan mobil Mazda New CX5 yaitu SKYACTIF DOHC 14 valve in-line 4 silinder yang dilengkapi dengan sistem Dual Sequential Valve Timing (SVT) dan Electronic Throttle Control (ETC), daya yang dihasilkan 155 PS/600 rpm (tipe Sport dan Urban), 187 PS/5700 rpm (tipe Touring dan Ground Touring), sistem transmisi yang digunakan SKYACTIV DRIVE 6 speed Activematic with Active Adaptive Shift, sistem kemudi Front Wheel Drive (FWD), kapasitas mesin untuk tipe Sport dan Urban 1998 cc sedangkan pada tipe Touring (GX) dan Grand Touring (GT) 2488 cc. Spesifikasi mesin Mazda CX5 telah menggunakan teknologi Electronically Controlled Direct Injection yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Mobil New CX5 facelift pada bagian depan terdapat perubahan pada kisi-kisi chrome grille yang lebih tegas, fog lamp bezel, signature light dilampu depan dan belakang, bentuk lampu utama sedikit lebih lebar, lampu sein yang terletak dibagian sudut bawah, penggunaan lampu LED yang menggantikan bi-xenon pada bagian depan dan belakang, penambahan warna baru Sonic Silver metallic, velg dengan desain baru.serta desain baru velg 17 inch warna abu-abu gelap. Bodi mobil terbuat dari baja ringan. Sedangkan pada bentuk body tidak ada perubahan masih sama dengan yang sebelumnya. New CX5 terbagi kedalam 4 varian yaitu 2.0 L Sport, 2.0 L Urban (GS), 2.5 L Touring (GX) dan Grand Touring (GT).

Dibawah Ini Tampilan Mobil Mazda New CX5 2015






Kapasitas penumpang 5 orang, pada bagian interior desain dashboard tampil modern yang dilengkapi dengan panel-penel yaitu panel layar LCD 7 inch yang dilengkapi dengan berbagai macam tampilan mengenai kondisi mobil saat digunakan, jok kursi dengan lapisan kulit berkualitas, cloth seat trim, passenger seat dan height adjusment pada setiap bangkunya, jok belakang mobil bisa dilipat sehingga bagasi lebih lebar, switch audio, tilt steering, dan cruise control yang berada dibagian setir dan didalam cruise control terdapat audio video yang merupakan LCD touch screen yang fungsinya memudahkan pada saat parkir sesuai dengan fungsinya sebagai kamera saat parkir. Pada bagian center control consol terdapat command center yang memudahkan akses menu, akses volume multimedia, Electrical Parking Brake (EPB) dan tuas sport mode.

Dibagian interior Mazda CX5 dilengkapi dengan dual zone climate AC, front dan rear electric windows yang membantu penumpang menikmati pemandangan sekitar dari dalam mobil, selain layar LCD 7 inch yang terletak didashboard juga memiliki integrated bluetooth, MZD-connect untuk terhubung dengan koneksi internet, sistem audio berkualitas AM/FM/Radio, single CD/MP3 lengkap dengan 6 speaker, Auxiliary (AUX) jack input, teknologi radio aha yang memiliki lebih 40.000 frekuensi udara.

Dibawah Ini Tampilan Interior Mobil Mazda New CX5 2015




Fitur-fitur yang ada pada mobil New CX5 diantaranya Adaptive LED Headlight yaitu sistem lampu utama otonom dengan 4 buah penghalang LED yang dikontrol secara independen disetiap lampu, penghalang ini akan memblok LED yang mengenai mobil dari arah depan sedang sisanya akan tetap menerangi jalan. Adaptive LED Hightlight mampu meningkatkan area pencahayaan dan mampu beradaptasi dengan area sekitar, lampu ini dilengkapi juga dengan glare-free high beam yang pada saat penerangan jauh secara otomatis akan mengatur area penyinaran berdasarkan pembacaan sensor sehingga mobil yang berada di arah yang berlawanan tidak akan silau. Adapun cara kerja lampu ini didukung oleh sensor yang terletak pada kaca spion tengah yang akan membaca posisi kendaraan yang berada didepannya atau yang datang dari arah berlawanan, setelah pembacaan maka barisan LED secara otomatis akan memilah bagian mana saja yang harus manyala  sehingga area kendaraan berada tidak tersinari.

Fitur keselamatan dan keamanan yang ada pada mobil Mazda CX5 yaitu curtain airbag, ABS, EBD, BA, Dynamic Stability Control (DSC) with Traction Control System (TCS) yang memudahkan pengendara memantau kinerja mesin mobil saat digunakan menempuh perjalanan jauh.

Lalu ada fitur Blind Spot Monitoring (BSM) yang mendukung jangkauan Rear Vehicle Monitoring (RVM) dan Rear Cross Traffic Monitoring (RCTM) yang akan bertugas untuk memberi peringatan kepada pengemudi pada saat mundur ada kendaraan lain yang mendekat. Ada fitur Driver Attention Alert (DAA) yang memonitor kondisi pengemudi dan memberi rekomendasi kepada pengemudi bila terdeteksi ada perubahan perilaku pengemudi. 

Fitur selanjutnya Lane-Keep Assist system (LAS) memberikan steering torque assistance untuk mencegah pengemudi melakukan perpindahan jalur tanpa sengaja, cara kerjanya Lane-keep Assist System akan bekerjasama dengan Lane Departure Warning System. Fitur lainnya Smart City Brake Support Forward/Reverse (SCBS) yaitu dipasang gigi mundur yang secara otomatis mereduksi laju kendaraan bila ada potensi benturan saat mundur. Fitur lainnya yang baru yaitu Smart Brake Support (SBS) dan Mazda Radar Cruise Control (MRCC). 

Selain itu, Mazda New CX5 memiliki fitur baru lainnya seperti Electric Parking Brake (EPB) dengan demikian mobil ini tidak lagi menggunakan rem tangan konvensional hanya dengan menarik tombol, sehingga apabila mau menggunakan dan mengaktifkan rem tangan cukup menarik tombol yang terletak di floor console dan apabila ingin mematikan cukup dengan menekan tombol atau menginjak pedal gas. Meskipun begitu fitur ini didesain secara khusus agar tidak salah pengoperasian karena pada saat pengendara ingin mematikan rem tangan melalui pedal gas ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu sebelum pedal gas diinjak pengemudi harus sudah memakai seatbelt dan semua pintu harus dalam keadaan tertutup, apabila tidak diperhatikan maka fitur ini tidak akan merespon.

Mazda New CX5 mampu berlari dengan kecepatan tinggi, jarak 100 km/jam dapat ditempuh hanya dengan 8,6 detik sedangkan pada kecepatan biasa 0-60 km/jam bisa ditempuh dengan waktu 4 detik.

Spesifikasi mobil Mazda CX5 tipe Sport diantaranya mesin berkapasitas 2000 liter, transmisi 6 auto speed, audio video DVD,CD, cruise control, LCD touchscreen, dan GPS.

Pada Mazda CX5 tipe Touring(GX) spesifikasinya kapasitas mesin 2500 liter, transmisi 6 auto speed, fitur lainnya sama dengan tipe Sport. Sedangkan pada tipe GT spesifikasi sama dengan tipe GX dengan tambahan fitur tombol penyesuaian jok penumpang dan memory switch pada jok pengemudi, lalu ada skema mazda connect yang lebih lengkap dan sudah memakai DVD player, serta fitur keamanan menggunakan i-aktivsense seperti Smart Brake Support dan Mazda Radar Cruise Control.

Kesimpulannya menurut pendapat saya mobil Mazda New CX5 bentuk tidak ada perubahan yang terlalu mencolok, bentuk mobil gagah dan elegan serta modern pada bagian interiornya, banyak fitur-fitur canggih yang disematkan pada mobil ini ditambah dengan fitur keselamatan dan keamanan membuat mobil ini nyaman dikendarai, dan menurut beberapa pengguna tingkat kebisingan mesin dan jalan sangat minim.

No comments:

Post a Comment